Anda Perlu Tahu Berbagai Macam Teknik dan Karakter Sablon Manual Ini

Print kaos dengan teknik sablon manual adalah teknik yang paling laku dalam dunia usaha sablon. Dengan peralatan yang sangat sederhana dan murah, kualitas dari sablon manual belum ada yang menandingi. Ternyata, sablon manual juga memiliki berbagai macam teknik yang unik. Berikut berbagai macam teknik dan karakter sablon manual yang perlu Anda ketahui.

Teknik Rubber atau Karet GL

Jenis teknik sablon Rubber ini paling sering digunakan untuk bikin kaos. Sesuai namanya, rubbersablon kaos berbahan dasar karet ini mempunyai tingkat elastisitas dan kerapatan yang tinggi. Sehingga hasilnya pun dapat menutup permukaan warna kain dengan baik. Hal ini membuat kaos sablon dengan teknik rubber semakin diminati masyarakat.

Teknik Timbul (Foaming)

Bikin baju khususnya kaos Anda dengan efek timbul agar lebih keren! Sablon dengan teknik ini bisa juga disebut dengan teknik 3D (3 Dimensi). Sablon dengan teknik ini baru akan kelihatan timbul ketika memasuki proses finishing (tahap akhir). Setelah gambar dipress, bagian dalam sablon akan membentuk lengkungan sehingga permukaan timbul.

Teknik Superwhite

Sablon dengan teknik superwhite adalah sablon baju yang unik. Pasalnya, sablon ini memiliki tekstur yang tidak terasa jika disentuh. Hal ini dikarenakan sablonan menyerap pada serat kain kaos Anda. Sablon superwhite juga memiliki kelebihan yaitu tidak akan rusak jika disetrika. Dan apabila sudah lama dicuci atau dipakai, warna sablon memberikan kesan vintage.

Teknik Pigment

Sablon kaos dengan teknik pigment mirip dengan teknik superwhite. Perbedaannya adalah teknik ini akan terasa jika disentuh. Selain itu, sablon dengan teknik pigment lebih tidak kaku dibandingkan dengan teknik superwhite. Akan tetapi, jenis teknik pigment ini sudah jarang ditemukan dipasaran karena kalah dari segi kualitas dengan teknik superwhite.

Teknik Plastisol

Sablon dengan teknik plastisol menggunakan minyak dan mempunyai karakter yang cukup tebal serta memiliki banyak unsur karet. Sablon dengan teknik ini memiliki kelebihan yaitu tahap lama dan sangat awet. Selain itu, sablon dengan teknik ini juga menghasilkan gambar yang tajam dan detail serta finishing kaos yang lembut dan mengkilap.

Teknik Glow in The Dark

Teknik sablon kaos ini membuat efek menyala pada kegelapan. Teknik ini menggunakan bahan kimia phosphor yang menyerap energi dan memancarkan cahaya. Sablon jenis glow in the dark sering diaplikasi pada jenis sablon plastisol dan sablon rubber.

Teknik Discharge

Teknik discharge atau sablon dengan cabut warna merupakan jenis sablon yang hampir sama dengan teknik superwhite. Adanya proses pembakaran dan menggantikan warna dasar yang menjadi karakter pada teknik sablon ini. Selain itu, ada penambahan obat odorless atau discharge gent pada proses finishing. Proses ini cocok untuk bahan katun kombed 30s.

Demikian pengetahuan umum tentang print kaos menggunakan berbagai macam teknik sablon manual. Membuat baju khususnya kaos tak perlu repot lagi memikirkan teknik apa yang akan digunakan karena custom.co.id tahu yang terbaik bagi kualitas kaos Anda. Yuk kepoin website custom.co.id!

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *