7 Tempat Wisata di Kalimantan yang Cocok Untuk Destinasi Liburan Akhir Pekan

  1. Rasakan sensasi tawar menawar, belanja, dan wisata kuliner di atas kelotok hanya di Pasar Terapung Muara Kuin, Banjarmasin

Katanya, kalau kamu ingin mengamati aktivitas dan bercengkerama langsung dengan masyarakat lokal, datanglah ke pasar tradisionalnya. Di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, kamu akan menemukan pasar yang unik. Bukan di bangunan permanen dengan los-losnya, melainkan di atas jukung atau perahu di sungai Kuin.

Penjual dan pembeli di pasar terapung ini biasa bertransaksi sampai dengan jam 9 pagi. Makanya, kalau mau menikmati serunya pasar terapung,  kamu gak boleh malas bangun pagi. Dengan kelotok atau perahu kayu bermotor, kamu bisa berbelanja berbagai hasil bumi seperti sayur dan buah, souvenir, maupun berburu menu kuliner.

  1. Tantang nyalimu untuk berjalan di atas Jembatan Tajuk di Bukit Bangkirai. Lalu berhentilah sejenak untuk menikmati kicau burung yang terdengar bersaut-sautan

Menjelajah Kalimantan belum lengkap kalau belum menjamahi hutan hujan tropisnya. Nah, di Kabupaten Kutai Kartanegara, ada kawasan ekowisata berupa hutan hujan tropis yang masih alami, yaitu Bukit Bangkirai. Kamu bisa menikmati merdunya kcauan burung-burung serta satwa liar lainnya. Di tempat ini, ada pohon bangkirai berusia 150 tahun yang ikonik.

Jika kamu punya cukup nyali, meniti Jembatan Tajuk bakal menjadi pengalaman yang mendebarkan. Jembatan ini berupa canopy bridge yang terletak di ketinggian dan menghubungkan pohon bangkirai yang satu dengan yang lain. Selain itu, kawasan ini juga sudah dilengkapi dengan cottage, kolam renang, restoran, serta camping ground. Jadi, kamu bisa menjelajah hutan tanpa kerepotan memikirkan makan dan akomodasi.

  1. Jembatan Barito – Kalimantan Selatan

Di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, ada satu tempat wisata yang sangat terkenal dan tak pernah sepi peminat, terutama pada akhir pekan, yakni Jembatan Barito. Dinamakan demikian karena jembatan dengan panjang 1.082 meter ini melintas di atas Sungai Barito dan menghubungkan Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Jembatan ini sendiri pertama kali diresmikan pada tahun 1997 oleh Presiden Soeharto dan menjadi ikon Kota Banjarmasin. Menjelang sore, banyak wisatawan berkunjung ke sini sekadar untuk menikmati indah dan luasnya Sungai Barito. Yang menarik, di bagian bawah jembatan terdapat sebuah pulau kecil bernama Pulau Bakut, jadi warga setempat juga sering menamakan tempat wisata ini sebagai Jembatan Bakut.

  1. Kunjungilah habitat Kera Ekor Panjang yang dikeramatkan oleh warga Tionghoa di Pulau Kembang

Hutan wisata menarik lainnya bisa kamu temukan di Pulau Kembang. Pulau seluas 50 hektare ini merupakan delta di tengah sungai Barito yang terbentuk secara alami. Kawasan ini menjadi habitat bagi kawanan kera ekor panjang serta berbagai jenis burung.

Konon, kawanan kera ini dipimpin oleh raja kera—. Tapi, kera-kera ini dikeramatkan oleh warga Tionghoa setempat. Bahkan, di tengah hutan terdapat altar berupa patung kera putih atau Hanoman. Kamu bisa mencapai pulau yang terletak di Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan ini dengan menaiki perahu motor dari tepi sungai Barito.

  1. Tugu Khatulistiwa – Pontianak, Kalimantan Barat

Dari Pulau Jawa, mari meloncat ke Kalimantan. Di Kalimantan Barat, tepatnya Kota Pontianak, terdapat satu tempat wisata yang sangat sering dikunjungi wisatawan, terutama pada akhir pekan, yakni Tugu Khatulistiwa. Tugu yang terletak persis di Jalan Khatulistiwa ini dibangun sebagai penanda garis lintang nol derajat bumi. Setiap tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September, Tugu Khatulistiwa ini menjadi lokasi diperingatinya Hari Kulminasi Matahari. Titik kulminasi merupakan titik ketika posisi matahari persis berada di atas garis khatulistiwa. Pada saat peristiwa ini berlangsung, bayangan benda akan menghilang selama beberapa detik. Peristiwa ini selalu menjadi hiburan menarik bagi warga dan wisatawan yang kebetulan berkunjung pada hari tersebut. Hal menarik lain yang bisa Anda peroleh usai mengunjungi tugu ini adalah piagam bukti perlintasan garis khatulistiwa. Dalam piagam tersebut akan tertera nama dan waktu kapan pengunjung melintasi garis khatulistiwa.

  1. Pulau Derawan – Kalimantan Timur

Di Provinsi Kalimantan Barat ada satu tempat wisata yang keindahannya mampu menarik perhatian wisatawan lokal dan internasional. Ya, Pulau Derawan jawabannya. Pulau cantik ini sendiri menawarkan pesona laut biru dengan pemandangan bawah laut yang luar biasa memesona. Begitu cantiknya, objek wisata ini sampai berhasil menduduki peringkat ketiga sebagai tempat menyelam bertaraf internasional. Di sini, Anda bisa bebas bermain dengan penyu sambil berjemur di pantai pasir putihnya yang menawan. Selain menyediakan peralatan menyelam, di sini juga terdapat cottage dan restoran untuk menunjang kebutuhan liburan para wisatawan. Untuk menuju ke sini pun aksesnya sangat mudah, Anda hanya perlu menuju Tanjung Redep dengan menggunakan pesawat DAS, Deraya, atau KAL Star, lalu dilanjut dengan menyewa motorboat menuju Pulau Derawan.

  1. Pantai Batu Lamampu – Nunukan, Kalimantan Timur

Pesona Kalimantan memang takkan pernah habis untuk dijelajahi. Dan salah satu tempat wisata paling terkenal di provinsi ini adalah Pantai Batu Lamampu yang terletak di Kecamatan Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur. Di pulau ini terdapat sebuah hamparan pantai nan cantik. Suasananya yang tenang dan bersih serta dihiasi batu karang raksasa membuat tempat ini cocok dijadikan tujuan wisata akhir pekan bersama keluarga dan orang-orang terkasih.

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *